Nama: Ghina Meliyani
NIM: 22832006
Dosen: Aceng Ahmad Rodian S, M.Pd.
Mata Kuliah: Belajar dan Pembelajaran
Sistem Pendidikan Indonesia
Menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2003, pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar serta proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara.
UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional adalah landasan hukum bagi pengelolaan pendidikan di Indonesia. UU ini
menjadi pijakan dalam pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan di
Indonesia.
Dalam rangka mencapai berbagai tujuan dan visi
misi di bidang kependidikan, maka UU ini mengatur terkait Standar Nasional
Pendidikan. Standar tersebut digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum,
tenaga kependidikan, sarana prasarana, tindak pengelolaan, hingga pembiayaan.
Hakikat Belajar dan Pembelajaran
Hakikat belajar adalah suatu proses atau upaya
yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik
dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif sebagai suatu
pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari (Djamaluddin &
Wardana, 2019, hlm. 6)
Sementara itu menurut Hilgard & Bower,
pengertian belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang terhadap suatu
situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam
situasi tersebut.
Berdasarkan hakikat belajar menurut para ahli di
atas, dapat disimpulkan bahwa hakikat belajar adalah perubahan pada kepribadian
atau tingkah laku seseorang, baik dalam bentuk keterampilan, pengetahuan,
sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan nilai positif sebagai akibat dari pengalaman dan proses belajar
yang telah dialami secara berulang-ulang dalam situasi yang sama.
Sedangkan hakikat pembelajaran adalah proses
interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar (Djamaluddin & Wardana, 2019, hlm. 6). Hakikat dari
belajar yaitu “perubahan” maka hakikat pembelajaran dapat dikatakan sebagai
“interaksi” yang terjadi. Tanpa adanya interaksi, maka tidak akan ada
pembelajaran yang terjadi, seperti tanpa ada “perubahan” maka dapat dikatakan
tidak ada proses belajar yang terjadi.
Oleh karena itu, hakikat pembelajaran juga tidak
hanya sekedar interaksi yang terjadi. Bahkan, menurut Djamaluddin & Wardana
(2019, hlm. 13) hakikat pembelajaran adalah perencanaan atau perancangan
(desain) sebagai upaya untuk membelajarkan siswa.
Menurut saya hakikat dari belajar itu suatu proses
perubahan tingkah laku dan pembelajaran itu sebagai sebuah interaksi. Jadi hakikat
dari belajar dan pembelajaran yaitu proses perubahan tingkah laku dengan sebuah
interaksi antara individu yang belajar dan seorang pendidik yang mengajar
peserta didik.
Tipe-tipe Belajar menurut Robert M.Gagne
Ada delapan tipe belajar menurut Robert M.Gagne
yaitu: 1) Signal learning (belajar isyarat), 2) Stimulus-response learning
(belajar stimulas-respons), 3) Chaining (rantai atau rangkaian), 4) Verbal
association (asosiasi verbal), 5) Discrimination learning (belajar kriminasi),
6) Concept learning (belajar konsep), 7) Rule learning (belajar aturan), dan 8)
Problem solving (memecahkan masalah).
Ciri-ciri umum Pendidikan, Belajar dan Perkembangan
Di dalam nya terdapat unsur-unsur Pendidikan,
belajar dan perkembangan yaitu pelaku, tujuan, proses, tempat, lama waktu,
syarat terjadi, ukuran keberhasilan, faedah dan hasil. Ciri khas dari belajar
adalah perubahan.
Unsur-unsur belajar dan pembelajaran
·
Kesiapan belajar/mengejar
·
Motivasi siswa/guru
·
Bahan belajar
·
Alat bantu belajar
·
Suasana belajar
·
Kondisi subjek belajar/pembelajar
Unsur-unsur yang mempengaruhi belajar
Ø Faktor dalam diri yaitu:
Kesehatan, minat semangat dan cara belajar.
Ø Factor dari luar diri
yaitu: keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan sekitar.
Tujuan belajar
·
Mengadakan perubahan di dalam diri antara lian tingkah laku.
·
Mengubah kebiasaan dari yang buruk menjadi baik.
·
Meningkatkan keterampian dan kecakapan.
·
Menambah pengetahuan dalam berbagai bidang ilmu.
Daftar Pustaka
Thabroni,
Gamal. (06 November 2022). Hakikat Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi Komponen
& Prinsip. Hakikat
Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi Komponen & Prinsip - serupa.id
Reza, Muhammad. (07 Oktober 2020). Pola Pola Belajar
Siswa, Tipe Belajar Menurut Robert M.Gagne. Pola
Pola Belajar Siswa, Tipe Belajar Menurut Robert M.Gagne (mandandi.com)
Pakdosen. (26 Agustus 2023). 7 Prinsip Belajar. 7 Prinsip Belajar -
PAKDOSEN.CO.ID

Tidak ada komentar:
Posting Komentar