Sabtu, 07 Oktober 2023

HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Nama: Ghina Meliyani

NIM: 22832006

Dosen: Aceng Ahmad Rodian S, M.Pd.

Mata Kuliah: Belajar dan Pembelajaran

 

Sistem Pendidikan Indonesia



Menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah landasan hukum bagi pengelolaan pendidikan di Indonesia. UU ini menjadi pijakan dalam pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan di Indonesia.

Dalam rangka mencapai berbagai tujuan dan visi misi di bidang kependidikan, maka UU ini mengatur terkait Standar Nasional Pendidikan. Standar tersebut digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum, tenaga kependidikan, sarana prasarana, tindak pengelolaan, hingga pembiayaan.

 

Hakikat Belajar dan Pembelajaran



Hakikat belajar adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari (Djamaluddin & Wardana, 2019, hlm. 6)

Sementara itu menurut Hilgard & Bower, pengertian belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang terhadap suatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi tersebut.

Berdasarkan hakikat belajar menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa hakikat belajar adalah perubahan pada kepribadian atau tingkah laku seseorang, baik dalam bentuk keterampilan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan nilai positif  sebagai akibat dari pengalaman dan proses belajar yang telah dialami secara berulang-ulang dalam situasi yang sama.

Sedangkan hakikat pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (Djamaluddin & Wardana, 2019, hlm. 6). Hakikat dari belajar yaitu “perubahan” maka hakikat pembelajaran dapat dikatakan sebagai “interaksi” yang terjadi. Tanpa adanya interaksi, maka tidak akan ada pembelajaran yang terjadi, seperti tanpa ada “perubahan” maka dapat dikatakan tidak ada proses belajar yang terjadi.

Oleh karena itu, hakikat pembelajaran juga tidak hanya sekedar interaksi yang terjadi. Bahkan, menurut Djamaluddin & Wardana (2019, hlm. 13) hakikat pembelajaran adalah perencanaan atau perancangan (desain) sebagai upaya untuk membelajarkan siswa. 

Menurut saya hakikat dari belajar itu suatu proses perubahan tingkah laku dan pembelajaran itu sebagai sebuah interaksi. Jadi hakikat dari belajar dan pembelajaran yaitu proses perubahan tingkah laku dengan sebuah interaksi antara individu yang belajar dan seorang pendidik yang mengajar peserta didik.

Tipe-tipe Belajar menurut Robert M.Gagne

Ada delapan tipe belajar menurut Robert M.Gagne yaitu: 1) Signal learning (belajar isyarat), 2) Stimulus-response learning (belajar stimulas-respons), 3) Chaining (rantai atau rangkaian), 4) Verbal association (asosiasi verbal), 5) Discrimination learning (belajar kriminasi), 6) Concept learning (belajar konsep), 7) Rule learning (belajar aturan), dan 8) Problem solving (memecahkan masalah).

Ciri-ciri umum Pendidikan, Belajar dan Perkembangan

Di dalam nya terdapat unsur-unsur Pendidikan, belajar dan perkembangan yaitu pelaku, tujuan, proses, tempat, lama waktu, syarat terjadi, ukuran keberhasilan, faedah dan hasil. Ciri khas dari belajar adalah perubahan.

Unsur-unsur belajar dan pembelajaran

·       Kesiapan belajar/mengejar

·       Motivasi siswa/guru

·       Bahan belajar

·       Alat bantu belajar

·       Suasana belajar

·       Kondisi subjek belajar/pembelajar

Unsur-unsur yang mempengaruhi belajar

Ø  Faktor dalam diri yaitu: Kesehatan, minat semangat dan cara belajar.

Ø  Factor dari luar diri yaitu: keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan sekitar.

Tujuan belajar

·       Mengadakan perubahan di dalam diri antara lian tingkah laku.

·       Mengubah kebiasaan dari yang buruk menjadi baik.

·       Meningkatkan keterampian dan kecakapan.

·       Menambah pengetahuan dalam berbagai bidang ilmu.

 

Daftar Pustaka

Thabroni, Gamal. (06 November 2022). Hakikat Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi Komponen & Prinsip. Hakikat Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi Komponen & Prinsip - serupa.id

Reza, Muhammad. (07 Oktober 2020). Pola Pola Belajar Siswa, Tipe Belajar Menurut Robert M.Gagne. Pola Pola Belajar Siswa, Tipe Belajar Menurut Robert M.Gagne (mandandi.com)

Pakdosen. (26 Agustus 2023). 7 Prinsip Belajar. 7 Prinsip Belajar - PAKDOSEN.CO.ID

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONSEP DASAR SISTEM DALAM PENDIDIKAN

Nama: Ghina Meliyani NIM: 22832006 Dosen: Aceng Ahmad Rodian S, M.Pd. Mata Kuliah: Sistem Informasi Pendidikan      Sebelum ke konsep dasar ...